Memilih Finger Food untuk Bayi Anda

Bersamaan menambahnya umur bayi, anda juga akan semakin disibukkan dimana pada awal-awal minggu kelahirannya anda disibukkan dengan mempersiapkan perlengkapan bayi baru lahir saja namun sekarang bayi anda telah mulai dapat mencapai suatu hal dengan tangannya, salah nya ialah makanan. Nah, bila anda sudah lihat Si Kecil berusaha untuk mencapai sendok waktu anda menyuapinya atau mencapai makanan yang berada di piringmu, selekasnya sediakan finger food untuk dia.

Bayi telah mulai memerlukan konsumsi beda terkecuali ASI atau susu formula waktu usianya 6 bln. ke atas. Sekitaran umur 8 bln., umumnya, bayi telah mulai siap makan dengan tangannya sendiri. Dengan memberi finger food, anda sudah melatihnya untuk dapat makan tanpa ada disuapi, sekalian mendukung tonggak tumbuh-kembangnya dalam soal ketrampilan motorik halus, menggigit, dan kunyah makanan.

Memilih Finger Food untuk Bayi Anda

Finger food yaitu makanan yang gampang dikonsumsi oleh bayi, baik gampang digigit, gampang dihaluskan waktu dikunyah ataupun dipegang oleh tangannya sendiri. Peristiwa ini mungkin saja hal yang mengasyikkan untuk Si Kecil. Meskipun demikian, anda mesti tetaplah memerhatikan type makanan yang juga akan anda tentukan untuk jadi finger food-nya. Makanan itu mesti sesuai dengan umur bayi anda, diluar itu cermati juga kandungan gizi serta nutrisinya.

Bingung dengan pilihan makanannya? Yuk, saksikan contekan sebagian type konsumsi yang dapat anda menjadikan finger food seperti berikut ini :

  1. Sayuran. Jadi permulaan, anda dapat memberinya sayuran rebus seperti kentang, wortel, kembang kol, brokoli, atau ubi manis.
  2. Buah. Anda dapat mengiris pisang, alpukat, mangga, pir atau semangka. Yakinkan buah yang anda tentukan sudah masak.
  3. Pasta. Si Kecil dapat di beri pasta yang sudah di rebus sampai masak. Type pasta yang dapat anda beri kepadanya yakni fusili atau pasta yang sudah dipotong-potong kecil.
  4. Sereal. Anda dapat memberinya sereal yang gampang dipegang olehnya. Tentukan sereal yang rendah gula serta tanpa ada penambahan zat pewarna.
  5. Roti panggang. Potong roti seperti jari, supaya dapat anda menjadikan menu finger food-nya waktu usianya telah mulai besar.
  6. Telur. Waktu memberi telur pada bayi, yakinkan anda memasaknya dengan masak supaya bayi tidak terkontaminasi bakteri salmonella yang tersembunyi dalam telur 1/2 masak. Anda dapat memotong telur rebus atau membuatnya jadi telur orak-arik.
  7. Keju. Tentukan keju yang empuk, umpamanya keju lembaran yang dipotong kecil-kecil.
  8. Daging. Anda dapat memberinya daging ayam atau daging sapi yang di rebus dengan begitu empuk serta disuwir supaya gampang dikonsumsi olehnya.

Yakinkan semuanya makanan dipotong dalam ukuran begitu kecil supaya gampang dikonsumsi serta hindari bayi tersedak. Pada umur itu bayi belum juga mempunyai banyak gigi, jadi yakinkan juga anda memasaknya sampai empuk.

Sebelumnya memberinya pada Si Kecil, anda dapat menyicipi finger food itu untuk meyakinkan apakah type makanan yang anda tentukan gampang digigit, potongannya cocok, lembut, empuk, serta lumer di mulut.

Jauhi memberikannya makanan yang sangat manis manfaat menggugah selera makannya. Makanan yang memiliki kandungan banyak gula tidak baik untuk kesehatan giginya, seperti biskuit, cokelat, keik, atau makanan manis yang lain. Makanan dengan kandungan lemak tinggi serta tinggi garam seperti keripik kentang juga baiknya dijauhi.

Terdapat banyak type makanan yang dianjurkan tidak untuk diberi pada Si Kecil yang baru mulai konsumsi finger food karna bahaya tersedak. Makanan itu yaitu buah anggur atau ceri utuh, buah-buahan kering (umpamanya kismis), kacang, sayuran mentah, buah yang keras, atau permen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *