Cara Pemasangan Parket Kayu Lantai Untuk Pemula

Tidak banyak orang yang bisa melakukan pengerjaan untuk memasang parket kayu lantai dengan kualitas yang terbaik. Memang untuk mendapatkan pemasangan lantai kayu yang baik sebaiknya dikerjakan oleh seorang yang ahli.

Pastinya tukang pasang lantai kayu berbeda dengan tukang pasang lantai keramik. Biasanya kesalahan dalam memilih tukang pasang lantai kayu akan menjadikan pembengkakan biaya dari yang semestinya.

Bagi anda yang ingin memasang sendiri parket lantai kayu ada beberapa cara yang bisa anda ikuti. Tentunya cara ini merupakan cara yang sederhana yang bisa anda lakukan sendiri sebagai seorang pemula. Langsung saja untuk cara pemasangan parket kayu lantai untuk di rumah dan dilakukan sendiri, berikut ini adalah tahap-tahapnya.

  1. Langkah pertama, untuk lantai yang akan dipasang parket lantai kayu harus sudah diplester dengan aci terlebih dahulu hingga halus dan rata. Hal ini dikarenakan kerataan lantai kayu ini bergantung dari rata tidaknya plester aciannya.
  2. Saat pemasangan parket, anda bisa lakukan langsung di atas plesteran yang telah diaci secara halus dan jika perlu ditutup dengan multiplek yang ketebalannya minimal 15 mm.
  3. Kemudian pada permukaan lantai yang akan dipasang parket baik di atas acian maupun di atas triplek harus dilumur lem kayu terlebih dahulu. Selanjutnya anda susun parket kayu tersebut satu persatu di atas acian dan triplek yang telah dihamparkan.
  4. Tahap pemasangan parket kayu lantai yang telah selesai lalu menuju ke tahap berikutnya dengan melakukan pengamplasan lantai kayu yang telah terpasang. Pengamplasan ini menggunakan mesin khusus yang fungsinya untuk meratakan permukaan parket.
  5. Berikutnya sampai pada proses finishing yang bisa dilakukan dengan menggunakan spray, atau anda bisa juga menggunakan roll paint yang khusus untuk coating oil.

Jika memang rumit, tidak ada salahnya menggunakan jasa pemasangan parket kayu lantai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *