Mebel Jepara: Antara Kualitas Dan Seni

Mebel Jepara: Antara Kualitas Dan Seni

Jika Anda sedang mencari mebel dengan kualitas tinggi, Mebel Jepara bisa dijadikan pertimbangan dalam list pilihan Anda. Pengrajin Jepara hingga kini masih mempertahankan bahan baku serta pola ukiran pada mebelnya. Yang membedakan hanya proses pembuatan karena peralatan yang semakin canggih serta bentuk fisik dibuat lebih beragam. Jepara telah sejak lama menjadi surganya benda-benda seni terapan terutama mebel serta dekorasi. Hal tersebut dapat kita lihat dari banyaknya produk mebel dan dekorasi dengan motif indah tanpa mengesampingkan nilai guna dari benda tersebut. Jika ditinjau dari tampilan fisik serta kualitas, tidak kalah dengan produk-produk impor yang notabene berbahan dasar plastik atau besi.

Salah satu produk Jepara yang telah menembus pasar domestik hingga mancanegara adalah kursi tamu dengan bahan dasar kayu jati. Biasanya kursi ini dijual satu rangkaian dengan empat kursi dan satu meja. Kini benda tersebut semakin sulit dijumpai karena bahan baku yang mulai langka. Namun kursi tamu jati dapat bertahan dalam waktu yang cukup lama. Meski demikian, kursi tamu khas Jepara ini tidak pernah sepi peminat. Justru dapat menjadi penggambaran kelas sosial sang pemilik karena harga serta nilai seni yang sangat tinggi. Namun, bagi Anda yang tertarik untuk memesan motif khusus pada kursi haruslah bersabar, karena  membutuhkan waktu yang cukup lama untuk sebuah mahakarya berkualitas.

 

Mahakarya seniman Jepara tidak hanya ditemukan dalam bentuk ukiran pada mebel serta dekorasi saja. Untuk ukuran yang lebih besar seperti rumah pun tak luput dari sarana berkreasi. Kini semakin banyak rumah-rumah yang menggunakan ukiran untuk memperindah dinding. Karena masih sama-sama berada pada lingkup Jawa, awalnya dulu ukiran-ukiran terutama motif Jepara hanya ditemukan pada rumah joglo. Dinding-dinding penuh ukiran itulah yang menjadi inspirasi para arsitek masa kini untuk memadukan unsur tradisional dan modern tanpa mengesampingkan nilai keindahan dari seni itu sendiri. Upaya tersebut merupakan justru dapat menciptakan sebuah trend baru di masyarakat karena sesuatu yang etnik dianggap lebih menarik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *